Chat with us, powered by LiveChat

Makanan dengan Saus “Salted Egg Yolk” di Lidah Orang Indonesia

Pada 2018, tren kuliner dengan saus salted egg yolk atau kuning telur asin semakin marak di Indonesia. Awal Februari lalu, misalnya, salah satu gerai makanan siap saji bahkan meluncurkan menu ayam goreng berlumur saus gurih yang terasa masir di lidah tersebut.

Alasannya sederhana, tua muda cukup suka dengan rasa itu. Buktinya, menu itu berhasil jadi pilihan banyak orang. Di media sosial, menu itu kemudian banyak jadi perbincangan. Intinya, orang yang sudah coba ingin balik lagi menikmati menu itu. Erika (20), salah satunya. Ia mengaku ketagihan dengan rasa saus bumbu telur asin.Berkali-kali pula, ketika berbelanja online, dia mencari kudapan ringan dengan rasa salted egg yolk.

“Rasanya enak, bikin ketagihan, dan sebenarnya tidak terlalu asin. Tapi, jangan setiap hari juga ya makannya, nanti kolesterol naik!” ujarnya.    Asal-usul   Awalnya, saus salted egg banyak dihidangkan di restoran chinese food. Tren saus lezat yang makin populer di Indonesia ini bermula dari negeri Singapura.

Di sana, cukup banyak makanan disajikan dengan bumbu salted egg yolk hingga dikombinasikan pula ke berbagai kudapan kemasan. Salah satu produsen kudapan salted egg yolk yang terkenal di negeri itu, misalnya, Irvin’s Salted Egg.

Lama kelamaan, melihat minat masyarakat yang besar, semakin banyak tempat makan yang menyajikan sajian dengan rasa saus ini. Akhirnya, tren itupun menular sampai Indonesia.    Akrab dengan lidah orang Asia   Pada dasarnya, bumbu telur asin dinilai mudah diterima oleh lidah banyak orang. Khususnya di Asia, cita rasa tersebut memang lebih akrab. Karenanya, ketika makanan siap saji atau pun kudapan berbumbu itu masuk Indonesia sudah pasti laku.